Loading...

Seribuan Warga Jalani Pemeriksaan Kesehatan STIKes Maluku

Seribuan Warga Jalani Pemeriksaan Kesehatan STIKes Maluku - Hallo sahabat Ramalan Berita, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Seribuan Warga Jalani Pemeriksaan Kesehatan STIKes Maluku, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, Artikel Daerah, Artikel Fenomena, Artikel Hari Ini, Artikel Kabar, Artikel Maluku, Artikel Ragam, Artikel Terbaru, Artikel Terkini, Artikel Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Loading...
Judul : Seribuan Warga Jalani Pemeriksaan Kesehatan STIKes Maluku
link : Seribuan Warga Jalani Pemeriksaan Kesehatan STIKes Maluku

Baca juga


Seribuan Warga Jalani Pemeriksaan Kesehatan STIKes Maluku

Loading...
Ambon, Malukupost.com - 1.549 warga desa Ureng, Negeri Lima dan Asilulu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (29/4), menjalani pemeriksaan kesehatan dalam bakti sosial (baksos) kesehatan "Bakti Untuk Negeri" yang digelar oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Maluku Husada. Seribuan warga berbagai usia yang terdiri dari 554 orang dari desa Negeri Lima, 505 orang dari Ureng dan 490 orang dari Asilulu menjalani pemeriksaan umum, gigi, kesehatan anak, dan khitan.
Ambon, Malukupost.com - 1.549 warga desa Ureng, Negeri Lima dan Asilulu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (29/4), menjalani pemeriksaan kesehatan dalam bakti sosial (baksos) kesehatan "Bakti Untuk Negeri" yang digelar oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Maluku Husada.

Seribuan warga berbagai usia yang terdiri dari 554 orang dari desa Negeri Lima, 505 orang dari Ureng dan 490 orang dari Asilulu menjalani pemeriksaan umum, gigi, kesehatan anak, dan khitan.

Selain itu, para wanitanya juga ikut serta memeriksakan kandungan sekaligus ultrasonography (USG), tes Inpeksi visual dengan asam asetat (IVA), dan pemasangan KB suntik dan intra uterine device (IUD).

Sedikitnya ada 10 tenaga perawat, 14 bidan, delapan dokter umum dan dua dokter spesialis dari Rumkital dr. FX. Suhardjo Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX/Ambon, RSUD Tulehu dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ranting Baguala dilibatkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan warga setempat.

Para dokter umum, yakni Dennis Louhenapessy, Nurul Fajriah Afiatunnisa, Ninik Sallatalohy, Wina Asriani, Verra Kondo Lembang, Lorencye Tuhusula, Marice Toamain dan Marisa Luhukay, serta dokter spesialis kandungan Lucas Pieter dan spesialis anak dr. Dwi Murti masing-masing ditempatkan di lokasi pemeriksaan yang berbeda-beda.

Ketua STIKes Maluku Husada Lukman Labasi mengatakan baksos kesehatan yang digelar secara serempak di desa Negeri Lima, Ureng dan Asilulu merupakan rangkaian kegiatan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) 290 mahasiswa STIKes Maluku Husada di tiga desa tersebut.

Karena itu, dalam pelaksanaannya, para mahasiswa KKN dari Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Keperawatan diwajibkan untuk membantu proses kerja para dokter dan perawat profesional yang sedang bertugas, sehingga mereka juga bisa belajar dan mengaplikasikan teori yang selama ini telah didapatkan di bangku pendidikan selama tujuh semester.

"Kami berharap kegiatan ini bisa membantu masyarakat setempat karena dasar ilmu kami adalah kesehatan dengan tiga program studi, yakni kesehatan masyarakat, ilmu keperwatan dan program profesi Ners, kemudian ilmu farmasi," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Pembina Yayasan Maluku Husada Hamdan Tunny mengatakan sebelum baksos kesehatan tersebut dilaksanakan, STIKes Maluku Husada melakukan survei awal terkait kebutuhan kesehatan masyarakat di desa Negeri Lima, Ureng dan Asilulu, khususnya 10 penyakit besar yang harus segera didahulukan penanganannya.

"Kami melihat kondisi lapangan dan mendukung upaya pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat. Kami dari pihak yayasan mendukung dengan menyediakan apa yang dibutuhkan oleh STIKes Maluku dalam pelaksanaan baksos ini," katanya. (MP-3)

Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seribuan Warga Jalani Pemeriksaan Kesehatan STIKes Maluku"

Posting Komentar